Manfaat Hebat dari Biji Anggur

manfaat buah anggur, buah anggur, manfaat buah, anggur merah, manfaat biji anggur



Anggur adalah buah yang banyak disukai, karena rasanya manis dan segar. Menurut sejarawan, anggur merupakan buah tertua yang dibudidayakan manusia. Buktinya, dalam mumi di Mesir yang telah berusia 3000 tahun ditemukan biji-biji anggur yang diperkirakan merupakan bekal kematian.
Anggur banyak memiliki nutrisi, beberapa di antaranya adalah flavonoid, mineral, vitamin A, B1, B2, B6, B12, dan C. Selain dikonsumsi langsung, buah bulat ini bisa diolah menjadi sirup, selai,  dan kismis sebagai campuran atau hiasan roti.
Manfaat buah anggur tidak hanya terdapat dalam daging buah, tapi juga bijinya. Ya biji anggur menyimpan manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan. Sehingga ketika memakan buah anggur dianjurkan untuk menelan bijinya. Apa manfaat biji anggur?
Mengobati Varises
Biji anggur memiliki kandungan procyanolic oligomers yang sangat efektif untuk mengobati varises.
Penangkal radikal bebas
Dr.Masquelier, seorang peniliti asal Perancis, menemukan zat anti kanker berupa proanthocyanidins dalam biji-biji anggur. Keampuhan proanthocyanidins ini bisa menangkal radikal bebas berlipat 20 kali vitamin C dan 50 kali vitamin E. Ekstrak biji anggur juga dianggap lebih aman dari suplemen anti oksidan vitamin A dan E karena terlarut dalam air.
Anti kanker
Dikutip dalam The Times of India, ekstrak dari biji anggur menambah deret penghalau sel kanker untuk berkembang biak. Rajesh Agarwal, PhD, salah satu peneliti di University of Colorado Cancer Center dan profesor di Skaggs School of Pharmaceutical Sciences, menyatakan bahwa ekstrak biji anggur memiliki kelebihan dalam membunuh sel-sel kanker tanpa membunuh sel yang sehat.
Potensi lain yang dihasilkan oleh ekstrak biji anggur yaitu sebagai lini kedua dalam pengobatan kanker leher dan kepala, meski demikian Agarwal berharap agar temuan ini lebih di kembangkan dalam pengujian secara klinis.
Mencegah stroke
Menurut hasil penelitian, biji buah anggur memiliki kandungan mineral, seng (Zn) dan mangan (Mn) yang bermanfaat untuk tubuh. Biji anggur mengandung endungeoned pycnogenol, yaitu zat penguat kologen yang bisa menjaga kelenturan pembuluh darah kita. Kelenturan pembuluh darah sangat penting untuk mencegah gejala stroke.
Melembabkan kulit wajah
Biji anggur mampu mengunci kelembaban dan memperkuat fungsi lapisan kulit terluar. Fungsi ini sama seperti ekstrak kenari dan bunga lupin yang memiliki omega 3, 6, dan 9. Juga mengandung vitamin yang bisa melembapkan, meningkatkan sirkulasi darah, dan memberi nutrisi pada kulit dari dalam.
Previous
Next Post »