Jangan Buang Ampas Teh Hijau, Kenali Khasiatnya

teh hijau, khasiat teh hijau untuk kesehatan, khasiat teh hijau untuk kecantikan, teh hijau untuk obat, manfaat teh hijau, diet teh hijau

Selama berabad-abad orang Jepang rutin meminum teh hijau. Orang Jepang sangat menggemari teh hijau karena mengandung antioksidan alami yang sangat kuat yang disebut dengan polifenol. Antioksidan jenis ini tidak hanya membantu menyehatkan tubuh, kulit, dan rambut, tetapi juga membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.  Teh hijau berasal dari daun tanaman Camellia sinensis yang hanya dikukus, sehingga mencegah hilangnya kandungan katekin.
 Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan untuk menyeduh teh, daripada menggunakan kantong teh. Hal ini tidak hanya menambahkan rasa, tapi juga memungkinkan pelepasan antioksidan lebih banyak.
Jika Anda meminum teh hijau jangan terburu membuang ampasnya. Karena ampas  teh hijau pun kaya manfaat. Apa saja manfaat teh hijau dan bagaimana cara pemanfaatannya? Mari kita simak berikut ini.
Kecantikan wajah
Polifenol yang terkandung dalam teh hijau berkhasiat untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan pada kulit. Seiring bertambahnya umur, kulit wajah akan mengalami berbagai masalah, misalnya kulit kusam, flek hitam, keriput, dan jerawat. Untuk mengatasinya bisa dengan memanfaatkan ampas teh hijau.
Teh hijau yang sudah diseduh akan meninggalkan ampas. Remas ampas teh hijau hingga halus, kemudian jadikan masker wajah. Diamkan sekitar 10 menit, selanjutnya bilas dengan air bersih. Jika dilakukan secara rutin maka kulit wajah anda akan bersih, sehat, dan bersinar.
Menghilangkan kantung mata
Selain merawat kecantikan kulit wajah, teh hijau pun mampu mengurangi kantong hitam pada bawah mata. Kandungan tanin yang terdapat pada teh hijau mampu mengurangi bengkak dan mengembalikan kesegaran kulit di sekitar mata. Gunakan kantung teh setelah diseduh dengan air panas, kompres di bagian bawah mata, lalu diamkan selama 20 menit.
Menghilangkan bau ketiak dan kaki
Teh hijau mampu menghilangkan bau pada bagian kaki dan ketiak. Gunakan ampas teh hijau yang sebelumnya telah diseduh dengan air panas, tunggu hingga sedikit dingin, lalu usapkan ampas tersebut pada daerah ketiak. Tunggu selama 5 menit, setelah itu bilas. Untuk menetralkan aroma tidak sedap pada kaki, gunakan air seduhan teh hijau lalu rendam kaki selama 20 menit.
Menghilangkan kerutan di tubuh
kandungan antioksidan pada teh mampu menangkal radikal bebas pemicu kerutan. Oleh karena itu, hindari buruknya radikal bebas dengan merawat kulit tubuh dengan teh hijau. Caranya, seduh teh hijau dengan air panas, tunggu hingga dingin setelah itu saring ampas teh hijau dengan kain lembut.
Kemudian kompres bagian tubuh sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Cara ini akan mampu menangkal dan melindungi kulit tubuh dari bahaya radiasi sinar ultraviolet B, atau lebih dikenal dengan UVB yang buruk bagi kulit tubuh.



Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Eka Rosaria
AUTHOR
September 8, 2015 at 7:20 AM delete

Sangat, sangat manfaat....

Reply
avatar