Luar Biasa, Manfaat Sholat Bagi Wanita Hamil

wanita hamil, tips sehat bagi wanita hamil, kesehatan ibu hamil

Sholat adalah rukun Islam yang ke-2, bagi setiap muslim wajib melaksanakannya. Sholat yang dikerjakan dengan khusyu akan mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah Swt. Beberapa ilmuwan melakukan kajian adakah manfaat dari sholat bagi kesehatan manusia. Dan ternyata hasilnya sangat mencengangkan. Gerakan sholat yang dilakukan dengan baik akan memberikan efek baik bagi tubuh.
Secara khusus sholat sangat bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil. Dr. Najwa Ibrahim Sa’id, seorang dosen pada Fakultas Kedokteran Universitas Thanta (Mesir) yang juga dokter spesialis kandungan di Ryadh Medical Center (Saudi) pernah ditanya mengenai pandangnnya terhadap  manfaat yang bisa dipetik wanita hamil dari shalat. Menurut beliau ada banyak manfaat dari gerakan sholat bagi wanita hamil, di antaranya adalah :
1. Pada umumnya, ibu hamil, terutama pada bulan-bulan terakhir, harus memiliki beban berat janin. Akan tetapi ketika dia melaksanakan shalat, maka gerakan shlat tersebut akan membantu aktivitas sirkulasi darah dan menghambat perkembangan pada kedua telapak kaki sebagaimana yang sering dialami oleh sebagian besar ibu hamil.
2. Sebagian besar penyakit para wanita hamil adalah kesulitan pencernaan yang membuatnya merasa kembung, bahkan muntah. Dengan izin Allah, shalat akan mengatasi kesulitan pencernaan yang diderita para wanita hamil ini. Ruku’ dan sujud akan meguatkan otot-otot dinding perut dan membantu perut dari kekerutan, sehingga bisa menyelesaikan kerjanya secara optimal.
3. Ada beberapa senam yang bermanfaat bagi wanita-wanita hamil yang mirip dengan gerakan-gerakan shalat. Gerakan-gerakan senam atau shalat ini berfungsi melenturkan persendian-persendian panggul, khususnya pada minggu-minggu terakhir kehamilan, menguatka otot-otot perut, dan mencegah kegemburan.
4. Ada lagi gerakan-gerakan senam pada minggu-minggu terakhir kehamilan, yang sama persis dengan gerakan ruku’ dan sujud ketika shalat. Gerakan ini sangat penting dan berguna untuk mendorong janin agar tetap dijalur alaminya di dalam tulang panggul, sehingga proses persalinan pun dengan izin Allah bisa berjalan normal.
Selain manfaat tersebut, gerakan sholat pun sangat bermanfaat langsung bagi janin. Gerakan ruku dan sujud dapat memacu sirkulasi darah pada jantung, otak, pembuluh nadi dan urat darah halus, sehingga membantu kelancaran suplai makanan pada janin dan membantu pertumbuhan janin secara normal.
Subhanallah, sangat luar biasa manfaat sholat bagi wanita hamil, hal ini menambah keyakinan bahwa semua aturan Allah Swt. mendatangkan kemaslahatan bagi umat manusia.
Latest
Previous
Next Post »