6 Kondisi Bayi yang Harus Diwaspadai




Memiliki bayi memang sangat menyenangkan. Wajahnya yang putih polos menghadirkan ketentraman dalam hati. Wangi tubuhnya yang khas mampu membasuh lelah setelah seharian beraktivitas. Tentunya setiap orangtua sangat ingin bayinya tumbuh sehat dan sempurna. Namun, adakalanya bayi menunjukkan gejala sedang terjadi sesuatu pada tubuhnya. Orangtua harus cepat tanggap agar bisa cepat tertangani, jika lambat melakukan tindakan akibatnya bisa fatal bahkan bisa merenggut jiwa sang bayi. Gejala atau kondisi apa saja yang harus diwaspadai orangtua, mari kita simak.

Demam tinggi
Demam tinggi menunjukkan terjadi sesuatu pada bayi Anda. Maka segera bawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan intensif.  Penyebab demam tinggi bisa bermacam-macam, sehingga tidak bisa asal memberikan obat penurun panas tanpa mengetahui penyebabnya. Jangan biarkan bayi terlalu lama mengalami demam tinggi, karena berbagai resiko mengintai, salah satunya step. 

 Muntah
Bayi seringkali muntah. Penyebabnya bisa bermacam-macam, misalnya karena kebanyakan menyusu, batuk, atau menangis. Jika bayi sering muntah maka perhatikan warnanya. Jika muntah bayi berwarna hijau bisa jadi karena mengalami obstruksi/sumbatan usus. Jika hal tersebut terjadi maka segeralah bawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan. 
Apabila bayi muntah setelah jatuh harus segera di bawa ke dokter dikhawatirkan mengalami gegar otak. (Tips Agar Balita tidak Mudah Sakit)

 Kulit kuning
Kulit kuning pada bayi baru lahir adalah hal yang biasa. Namun, harus diwaspadai jika warna kuning tidak berangsur hilang, bisa jadi karena peningkatan kadar bilirubin. Segeralah periksa bayi Anda dan lakukan tindakan yang tepat dengan penyinaran, jangan sampai terlambat karena bilirubin yang tinggi bisa merusak jaringan otak secara permanen.

Suara napas berat
Jika bayi Anda terdengar berat dalam bernapas, maka segeralah bawa ke dokter kemungkinan terjadi gangguan pernapasan. (baca juga: Gejala Bronkitis pada anak)

Bibir dan lidah biru
Jika bibir, lidah, dan ujung-ujung jari bayi  kebiruan  jangan anggap sepele. Segeralah bawa ke dokter, karena ada kemungkinan mengalami kekurangan oksigen. Tubuh mengalami kekurangan oksigen disebabkan jantung atau paru-paru tidak bekerja dengan baik.

Dehidrasi
Dehidrasi bisa mengancam bayi sekalipun, terutama jika diare. Cek popok bayi, jika kering terus berarti tidak buang air kecil, hal ini pertanda bayi Anda mengalami dehidrasi. Tanda lain dehidrasi adalah mata cekung dan mulut kering. 

 
Previous
Next Post »