Tips Agar Balita Tidak Mudah Sakit

"Duh, anak saya kok sering sakit ya, apalagi musim hujan begini."
Keluhan seperti itu kerap terdengar dari ibu-ibu yang memiliki balita. Memang balita sangat rentan untuk terserang penyakit. Karena balita belum memiliki daya tahan tubuh seperti orang dewasa.

sumber foto google

Jika balita sering sakit tentunya akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Oleh karena itu kita harus berusaha untuk mencari cara agar buah hati kita tidak mudah sakit. Apa saja tips yang bisa kita lakukan agar balita kita sehat ?

1. Menjaga kebersihan rumah
Hal ini sangat penting, karena rumah yang kotor akan menyisakan banyak bakteri, jamur, dan virus. Menyapu dan mengepel rumah harus dilakukan setiap hari. Membersihkan debu harus mendapat perhatian lebih, karena debu bisa menyebabkan gangguan pernapasan.

2. Memberikan asupan makanan yang sehat.
Agar balita sehat maka kita harus memberikan makanan yang sehat. Apa saja makanan sehat itu? yaitu makanan yang mengandung nutrisi yang diperlukan oleh balita. Pemberian sayur dan buah harus menjadi prioritas karena kandungan nutrisinya sangat diperlukan oleh tubuh disamping ikan dan daging.

3. Mengajak balita berolah raga.
Selain asupan makanan, tubuh kita pun memerlukan gerak olahraga agar peredaran darah baik. Begitu pula pada balita, mereka perlu dilatih untuk berolahraga sampai keluar keringat. Tidaklah sulit mengajak balita berolahraga, karena pada dasarnya mereka senang bergerak.

4. Memberikan suplemen tambahan
Suplemen tambahan diperlukan oleh balita, terutama ketika kondisi lingkungan tidak bersahabat. Selain itu, balita memerlukan suplemen tambahan apabila ada aktifitas yang membuat balita lelah, misalnya bepergian ke tempat jauh.

5. Memberikan vaksinasi
Ada beberapa penyakit berbahaya yang pencegahannya harus dengan vaksinasi misalnya polio, meningitis, hapatitis, dan lain sebagainya.

Baca juga :
- Alasan Kesehatan Mengapa Lelaki Dilarang Memakai Emas
- Mengapa Tidur Harus Memadamkan Lampu
- Tips Agar Balita Tidak Mudah Sakit
Previous
Next Post »