Tips Agar Tetap Bugar Selama Perjalanan Mudik


       Merayakan hari kemenangan setelah sebulan berpuasa sepertinya kurang berkesan tanpa berkumpul dengan keluarga besar. Bagi sebagian orang yang merantau ke kota, mudik  menjadi sebuah tuntutan. Hadangan kemacetan siap diterjang demi berjumpa dengan sanak famili di kampung halaman. 
       Kelelahan pastinya akan dialami oleh pemudik, apalagi bagi pengemudi. Jika tidak pandai menjaga kondisi fisik bisa-bisa mengalami kelelahan yang berujung sakit. Tidak seru kan kalau lebaran malah sakit. Bagaimana caranya agar fisik tetap bugar selama mudik? mari kita simak tips berikut ini:
         Pastikan kondisi fisik fit
Perjalanan mudik membutuhkan kondisi fisik yang fit. Jika bepergian jauh dalam keadaan sakit tentunya sangat menyiksa. Maka sebelum mudik pastikan fisik sehat dengan cara memberi asupan nutrisi yang lengkap, istirahat yang cukup, dan jangan lupa berolahraga secara rutin. Bagi yang memiliki resiko sakit tertentu sebaiknya melakukan cek kesehatan terlebih dahulu.
        Bawa bekal makanan dan minuman
Jika membawa anak-anak dalam perjalanan jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman yang sehat. Sebaiknya dihindari membeli makanan di pinggir jalan karena kebersihan dan kesehatannya tidak terjamin.
       Selektif memilih makanan
Hindari makanan yang akan membuat Anda mengantuk seperti makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi dan gorengan. Lebih baik memilih buah-buahan sebagai camilan penghilang ngantuk bagi pengemudi.
       Timing
Pengguna kendaraan pribadi dengan jarak tempuh jauh, ada baiknya untuk berhenti sejenak setiap beberapa jam. Untuk pemudik yang membawa sepeda motor biasakan berhenti setiap 3 jam, sedangkan untuk mobil setiap 4 jam. Carilah tempat yang kondusif untuk istirahat, sebaiknya sempatkan tidur walau sejenak.
       Peregangan
Selama berjam-jam duduk di dalam kendaraan tentunya membuat badan tidak nyaman. Ada baiknya ketika berhenti beristirahat lakukan peregangan sederha agar badan tetap fit. Jika memungkinkan lakukan pijat refleksi.
       Cari info perjalanan
Untuk menghindari macet yang parah maka ada baiknya mencari info perjalanan mudik, sehingga bisa mencari alternetif jalan jika terjadi kemacetan. Dengan begitu maka perjalanan lebih lancar dan kelelahan pun bisa diminimalisir.
        
Previous
Next Post »