15 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan dan Kecantikan (1)




Minyak zaitun atau Olive Oil merupakan minyak yang terdapat pada buah zaitun atau Olea Europaea. Minyak zaitun merupakan salah satu minyak sehat, hal ini karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi. Buah zaitunnya sendiri bisa langsung dikonsumsi.
Minyak zaitun memiliki kandungan ilmiah :
  1. Squalene
    Di antara minyak nabati lainnya, minyak zaitun memiliki kadar squalene paling tinggi. Squalene adalah cairan eter organik yang bermanfaat sekali bagi sistem imun manusia. Squalene digunakan sebagai bahan baku insulin bagi penderita diabetes.
  2. Zat besi
Meskipun kandungan zat besi yang dimiliki minyak zaitun tidak tinggi, namun dapat dicampurkan ke dalam sayuran atau makanan yang kaya zat besi misalnya salad sayuran berdaun hijau dan paprika, kacang-kacangan, telur, biji-bijian, kismis, daging merah dan lain-lain. Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh.
  1. Kalsium
Sama seperti kandungan zat besi, kadar kalsium dalam minyak zaitun juga tidak besar. Anda dapat mencampurnya dalam makanan dan minuman sumber kalsium. Kalsium penting untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi, mencegah tulang keropos dan mudah tulang patah, untuk menyimpan glikogen agar tubuh tidak merasa lapar dan membantu kelancaran kinerja sistem otot, syaraf dan otak.
  1. Potassium
Kandungan minyak zaitun lain adalah potassium dalam jumlah yang sedikit. Manfaat potassium adalah untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal, untuk mengubah gula menjadi energi dan membantu mengeluarkan sodium dari dalam tubuh.
  1. Polifenol
Kandungan minyak zaitun yang memiliki kadar tinggi adalah zat antioksidan bernama polifenol. Minyak zaitun yang mengandung polifenol dalam kadar yang tinggi biasanya akan mengalami perubahan rasa, menjadi lebih pahit, tajam dan keras.
Begitu banyaknya kandungan kandungan ilmiah dalam minyak zaitun, sehingga minyak zaitun memiliki manfaat yang sangat banyak bukan hanya bagi kesehatan tapi juga untuk kecantikan.
Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan kecantikan adalah sebagai berikut :
  1. Mengurangi risiko penyakit jantung
Minyak zaitun terbukti memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan mengatur kolesterol dengan cara menekan jenis kolesterol jahat dan mempertahankan yang baik - menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke telah terbukti secara ilmiah. Sebuah studi menyebutkan, pasien berusia 64-71 tahun menunjukkan penurunan total kolesterol setelah diberi dua sendok makan minyak zaitun setiap hari.
  1. Mencegah kanker
Para peneliti di Copenhagen University Hospital di Denmark menemukan bahwa minyak zaitun mereduksi kerusakan sel yang memicu pertumbuhan kanker. Sehingga minyak zaitun sangat efektif dikonsumsi untuk mencegah penyakit kanker.
  1. Mengusir nyeri sendi
Minyak zaitun mendorong produksi zat prostaglandin, suatu zat pencegah pembengkakan dan nyeri. Jika nyeri sendi bisa dioleskan minyak zaitun di daerah yang sakit.

 * dari berbagai sumber


                                                                           2

Previous
Next Post »