Jangan Sepelekan Nyeri Dada, Bisa Berakibat Fatal

nyeri dada kiri, nyeri dada, sakit nyeri dada



Kita sering menganggap sepele jika ada gejala sakit ringan pada tubuh. Salah satunya adalah nyeri dada. Banyak yang beranggapan nyeri pada dada diakibatkan oleh masuk angin. Maka pengobatannya cukup dengan menggosokkan balsem atau dikerik. Padahal nyeri pada dada bisa indikasi adanya bahaya yang mengintai pada tubuh Anda.
Nyeri dada adalah sebagai gejala penyakit jantung coroner. Jantung coroner adalah adanya sumbatan berupa lemak pada dinding dalam pembuluh arteri jantung. Penyakit ini dalam stadium ringan tidak menimbulkan gejala. Gejala itu baru akan muncul bila sumbatan telah mencapai 50 %. Disamping nyeri dada. Gejala lain penyakit ini adalah sesak nafas. Kelelahan hebat, keringat dingin, dan sakit bila disentuh di bagian punggung.
Penyakit ini cukup berbahaya, sebab sumbatan membuat sebagian jantung tidak mendapatkan suplai darah yang cukup. Bila sumbatan terus dibiarkan akan menyebabkan infark jantung, yaitu serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian mendadak.
Terdapat beberapa resiko yang bisa memicu munculnya penyakit jantung coroner seperti kolesterol tinggi, Hipertensi juga merupakan faktor resiko terhadap munculnya serangan jantung coroner. Faktor pemicu yang lain adalah penyakit kencing manis, kegemukan.
Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minuman beralkohol, juga termasuk mengkonsumsi makanan yang tidak menyehatkan seperti fast food dan junk food. Makanan jenis ini memang lezat tetai kandungan kolesterolnya sangat tinggi.
Penyakit jantung coroner pada dasarnya bisa dicegah dengan melakukan upaya sejak dini, diantaranya mengendalikan hipertensi, mempertahankan berat badan ideal, menghindari makanan banyak lemak, banyak mengkonsumsi sayur dan buah, hindari rokok dan olah raga teratur.
Previous
Next Post »