9 Tips Agar Tidak Cepat Menopause





Menopause menjadi momok menakutkan bagi perempuan. Bagaimana tidak, ketika masa menopase datang maka organ reproduksinya terganggu yang juga akan mengganggu hubungan dengan suami. Banyak ibu yang tidak siap menghadapi masa menopase ini sehingga menjadi lebih stress dan kehilangan percaya diri.
Masa menopause ditandai dengan berhentinya siklus datang bulan. Menopause tidak terjadi secara tiba-tiba, melainkan bertahap. Bahkan 8 tahun sebelum menopause sudah ada tanda-tanda yang dirasakan salah satunya siklus haid yang tidak teratur.
Proses menopause pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang terjadi lebih awal, ada juga yang lambat. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Gaya hidup tidak sehat akan menyebabkan terjadinya menopause dini. Di antaranya adalah merokok, mengkonsumsi narkoba dan minuman keras, stress, kurang istirahat, tidak cukup tidur, minuman bersoda, kurang olahraga, dan kekurangan nutrisi.
Kita bisa mengupayakan agar menopause tidak datang terlalu cepat. Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan agar menopause terlambat datang:
Berolah raga secara teratur
Dengan berolahraga secara teratur persediaan oksigen ke otak akan meningkat sehingga mengurangi kadar dopamin. Selain itu, kadar endorfin yang memberikan rasa senang akan meningkat sehingga tubuh pun tidak mengalami stress. Stress merupakan salah satu penyebab terjadinya menopause dini.
            Memperbaiki pola makan
Gizi lengkap dan seimbang tidak hanya diperlukan pada tahap tumbuh kembang. Para wanita yang memasuki masa menopause juga tetap membutuhkannya. Apalagi jika anda ingin memperlambat datangnya menopause, makanan yang dikonsumsi dipercaya menjadi faktor yang penting. Mengkonsumsi makanan yang kaya kalsium,seperti:  susu, youghart dan sayur brokoli.
            Pantang Minuman
Mengurangi konsumsi teh,kopi minuman soda dan alkohol. Karena minuman tersebut banyak mengandung kafein yang menghambat penyerapan kalsium.
Menjauhi gaya hidup tidak sehat
Gaya hidup tidak sehat akan menggerogoti kesehatan tubuh, termasuk organ reproduksi. Gaya hidup tidak sehat di antaranya begadang, malas olahraga, rutin mengkonsumsi fast food, minuman beralkohol, merokok,  dan narkoba.
            Vitamin
Tambahkan vitamin dalam menu sehari-hari,seperti: vitamin A,C,E,D,B.
Menggunakan minyak zaitun
Cobalah mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun agar tidak terlalu banyak masuk minyak ke dalam tubuh.
Memasak sayur dengan benar
Dalam memasak sayuran jangan terlalu lama karena vitamin yang terdapat dalam sayuran tersebut bisa larut di dalam air.
            Pijat refleksi
Pijat refleksi sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Rutin melakukan pijat refleksi bisa menjaga kondisi organ tubuh agar tetap prima, termasuk orgab reproduksi. Banyak kasus ditemui perempuan yang sudah menopause kembali datang bulan setelah rutin pijat refleksi.
            Akupuntur
Akupunktur dapat digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit (baik secara tersendiri maupun bersama terapi lain) dan dapat digunakan untuk estetika medik (meremajakan dan mengembalikan vitalitas organ tubuh), termasuk organ reproduksi sehingga memperlambat terjadinya menopause. 


Previous
Next Post »