8 Makanan Ini Ampuh Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke





Angka penderita stroke dan jantung semakin meningkat tajam. Gaya hidup yang tidak sehat disinyalir menjadi penyebab timbulnya penyakit ini. Penyakit stroke dan jantung terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh arteri.
Arteri adalah pembuluh darah berdinding tebal yang membawa darah beroksigen dari jantung ke jaringan di semua organ, termasuk otot, otak, dan hati. Jika arteri terumbat maka akibatnya fatal yaitu akan terjadi gangguan pada jantung, bahkan menyebabkan serangan jantung.
Penyumbatan arteri terjadi karena adanya timbunan plak di dinding arteri . Plak terbuat dari kelebihan kolesterol serta zat-zat lain yang mengapung melalui arus darah. 8 Makanan dibawah ini bisa mencegah terjadinya penyumbatan arteri :

 1.Bawang putih
Bawang putih diketahui telah digunakan sejak zaman purba bagi merawat penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Berdasarkan pada kajian, bawang putih mampu mencegah  aliran darah mengeras dan menjadi tempat pembentukan plak.

2. Anggur
Anggur sangat kaya dengan flanovoids, quercetin dan resveratrol. Flanovoid  dapat mencegah proses okdidasi kolesterol jahat (LDL) yang menyebabkan pembentukan plak pada dinding  arteri. Ia juga merendahkan risiko darah tersumbat yang menyebabkan   serangan penyakit jantung.

3. Bayam
Bayam sangat kaya dengan potassium dan asid folik dimana ia bertindak sebagai penghalang tekanan darah tinggi. Bayam juga kaya dengan lutein, sejenis carotenoid yang mampu menghalang serangan jantung dengan melindungi arteri bebas dari pembentukan kolesterol.

4. Ikan
Satu kajian dari Southampton University telah menemui bahawa minyak Omega 3 yang terdapat pada ikan seperti tuna dan salmon dapat menghentikan pembentukan lemak dalam arteri. Asid lemak ini menghalang oksidasi kolesterol dan tragedi darah tersumbat.

5. Minyak zaitun
Kolesterol yang teroksidasi akan melekat pada dinding arteri lalu membentuk plak. Lemak monosaturated yang terdapat dalam minyak zaitun apabila bercampur dengan molekul kolesterol akan mengurangkan kadar oksidasi pada kolesterol tersebut.

6. Tomat
Berdasarkan pada kajian yang dijalankan oleh penyelidik dari Korea, lycopene, kompaun dalam tomat yang memberikan ia warna membantu mencegah  arteri dari mengeras.

7. Buah delima
Jus dan buah delima yang sangat tinggi dengan antioksidan bukan sahaja dapat menghalang arteri dari mengeras dan rosak malah dapat mengundurkan semula progres penyakit ini.

8. Kiwi
Makanan yang kaya dengan antioksidan ini mengurangi toksik kolesterol LDL, yang terbentuk semasa penghasilan plak dalam arteri. Kiwi   mampu menghapuskannya malah menghalangnya dari merebak. Makanlah secangkir kiwi sehari untuk mencegah masalah darah tersumbat.

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
August 27, 2015 at 9:28 PM delete

thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

http://obatalami21.com/obat-alami-penyakit-stroke/

Reply
avatar