Mengatasi Rambut Berketombe

sumber foto : wolipop.detik.com


Rambut adalah mahkota yang harus dijaga kesehatannya. Rambut yang hitam, berkilau dan lebat adalah impian semua orang. Namun, seringkali rambut pun mengalami gangguan, salah satunya adalah ketombe. 

Ketombe dapat dialami oleh semua orang dengan segala usia. Anak-anak pun bisa mengalami ketombean walaupun jumlahnya tidak banyak. Apa sih penyebab timbulnya ketombe?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya ketombe :
1. Gangguan fungsi pada kulit kepala
Gangguan ini dapat disebabkan oleh faktor dari dalam, yang sering dihubungkan dengan kondisi umum seseorang, misalnya ketidakseimbangan hormon, gangguan nutrisi, diet, dan stress.Selain itu, bisa juga disebabkan peningkatan jumlah dan aktivitas jamur, serta akibat reaksi dari penggunaan obat-obatan kosmetik.

2. Serangan jamur
Jamur yang sering menyerang kulit kepala adalah Pityrosporum Ovale, Pityrosporum Orbiculale dan Pityriasis Steatoides.

3. Hormon androgenik
Yaitu hormon progesteron, testoteron, dan anabolik. Hormon-hormon ini biasanya terdapat pada obat-obat KB. Bisa juga muncul karena mengalami kelainan menstruasi, menopause, atau karena mengkonsumsi obat penyubur.

4. Pemakaian shampo yang tidak tepat.
5. Faktor suhu udara yang tinggi

Bagaimana cara mengatasi rambut berketombe?
Pertama adalah rutin mencuci rambut, jangan sampai rambut dibiarkan lengket dan kotor. Karena ketombe akan tumbuh subur pada rambut yang kotor dan lengket. Kedua, pilih shampo yang tepat. Shampo yang bersifat alkalis (PH-balanced) memiliki derajat keasaman yang tidak sesuai dengan keasaman rambut dan kulit kepala kita, sehingga akan merusak lapisan mantel asam kulit kepala yang merupakan lapisan pelindung alami kulit. Akibatnya kulit kepala dan rambut kering, sel-sel kulit meregang sehingga mudah terkena infeksi bakteri dan jamur. Selain itu, bagi yang berkerudung, diusahakan tidak mengenakan jilbab ketika rambut masih basah, usahakan rambut kering terlebih dahulu.
Previous
Next Post »