Tips Menjaga Kebersihan Dapur

Menjaga kebersihan dapur berbeda dengan menjaga kebersihan ruangan lainnya. Dalam sebuah rumah, dapur-lah ruangan yang paling banyak digunakan dan menghasilkan sampah. Oleh karena itu kebersihan dapur harus mendapat prioritas.

 Bagaimana cara menjaga kebersihan dapur? Ada beberapa tips agar dapur selalu bersih, yaitu:
1. Sirkulasi udara terjaga dengan baik. Hal ini sangat penting agar dapur tidak pengap dan lembab, sehingga bibit penyakit tidak mudah berkembang biak. Selain itu juga, agar bau masakan bisa keluar dan tidak memenuhi rumah.

2. Segera membersihkan dapur setiap selesai masak, jangan membiarkan dapur dalam keadaan kotor. Maka harus disiapkan lap kering dan lap basah untuk mengelap meja dapur dan dinding dapur yang terkena cipratan masakan. Perabotan yang sudah digunakan sebaiknya segera dicuci.

3. Sediakan tong sampah, baik untuk sampah organik maupun non-organik. Secepatnya membuang sampah pada tempatnya di luar dapur. Jangan menyimpan sampah terlalu lama di dapur.
4. Tersedianya air yang memadai. Air sangat dibutuhkan dalam membersihkan dapur dan mencuci perabot, maka air sangat diperlukan.
5. Tersedianya sabun pencuci lantai, untuk membersihkan lantai yang kotor dan berminyak, biasanya sulit dibersihkan jika hanya menggunakan air.
6. Sediakan lemari untuk menyimpan perabot dapur dan tempat menyimpan makanan.

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
December 24, 2014 at 2:28 AM delete

Nice artikel, nuhun teh.. saya izin copas ya..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 25, 2014 at 3:30 PM delete

monggo mba, terimakasih sudah mampir

Reply
avatar